Pages

Senin, 19 November 2012

PENYEBAB BAHAN BAKAR BOROS

PENYEBAB BAHAN BAKAR BOROS

 

 

Pada mesin bensin ada 3 hal utama yang digunakan untuk meghasilkan tenaga yaitu api, kompresi dan campuran bahan bakar. Jika salah datu dari 3 faktor ini tidak tersedia atau dalam kondisi maksimal mesin tidak akan menghasilkan tenaga yang sempurna. Apa kaitanya dengan bahan bakar boros, kita akan merasakan bahan bakar boros apabila :

  1. Jarak tempuh yang kita capai tidak sebanding dengan jumlah bahan bakar yang biasanya digunakan.

  2. Tenaga mesin yang tidak maksimal akan menyebabkan konsumsi bahan bakar berlebih, artinya banyak bahan bakar terbakar namun hasil tidak maksimal dan in seolah-olah bahan bakar kita terasa boros.

Penyebabnya bahan bakar boros antara lain:

  1. Pengapian yang tidak sempurna, hal ini bisa disebabkan oleh busi yang sudah mulai aus atau atau kabel busi  yang sudah rusak sehingga menyebabkan percikan bunga api kurang sempurna.

  2. Saringan bensin yang kotor, hal ini menghambat suplai bahan bakar keruang bakar

  3. Saringa udara yang kotor, menghambat jumlah udara bersih yang masuk ke dalam ruang bakar

  4. Ruang bakar yang sudah berkerak, kerak yang terdapat dalam ruang bakar bisa menimbulkan bara api, dan bisa menyulut campuran bahan bakar sehinga menyebabkan terjadinya pembakaran awal yang belum pada waktunya, hal ini akan menimbulkan bunyi “nglitik” atau karena pengapian terlalu awal dan tenaga yag dihasilkan tidak maksimal.

  5. Penyetelan waktu pengapian yang kurang tepat bisa mengkibatkan tenaga yang kurang, idealnya waktu terjadinya pembakaran adalah 10 derajat setelah TMA (Titik Mati Atas), sehingga waktu pengapian diset lebih awal dari itu.

  6. Penyelan campuran bahan bakar, penyetelan campuran bahan bakar secara manual dilakukan pada kendaraan yang masih menggunakan karburator, untuk kendaraan yang sudah menggunakan EFI penyetelan campuran bahan bakar hanya bisa dilakukan dengan alat khusus yang disebut dengan variable resistor.

  7. Rem macet, hal ini jarang disadari oleh pengguna kendaraan, padahal saat rem macet beban mesin akan bertambah berat, namun kendaraan tidak bisa berjalan dengan mulus.

  8. Cara pengendaraan. Metode berkendara juga saat menentukan konsisi pemakaian bahan bakar, saat kita jalan di kemacetan dengan berjalan di jalan bebas hambatan jelas saat macet akan meyedot bahan bakar yang lebih, pengendaraan yang stop and go akan menambah konsumsi bahan bakar.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi bahan bakar boros :

  1. Lakukan pergantian oli secara rutin dan jangan menambahkan zat aditif apapun ke dalam oli mesin, karena hal ini fatal akibatnya jika zat aditif tersebut menutup lapisan film yang diciptakan oleh oli untuk melindungi komponen yang terlumasi.

  2. Gunakan bahan bakar tanpa timbal, penggunaan bahan bakar tanpa timbak selain juga mengurangi tingkat emisi gas buang juga akan membuat ruang bakar mesin anda tetap bersih karena pembakaran akan terjadi dengan sempurna.

  3. Lakukan perawatan berkala pada kendaraan anda, perawatan berkala akan membuat kondisi mobil anda dalam kondisi yang maksimal, lakukan perawatan di bengkel resmi, walaupun harga nya sedikit mahal tapi untuk kwalitas perbaikan pasti terjamin.

  4.  Berkendaralah dengan seefisen mungkin dengan meminimize akselerasi mendadak.

 


sumber : artikelotomotif.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar